Budidaya Ikan Nila Lengkap Harga Bibit Dan Kiat Budidaya

Budidaya Ikan Nila  











Usaha budidaya Ikan Nila
source image wikipedia


peluang bisnis Budidaya Ikan Nila

Ikan ini merupakan ikan yang Banyak disenangi penduduk indonesia. Selain enak untuk diolah, Ikan nila juga sangat gampang untuk dibudidaya, disamping itu ikan nila juga lebih tahan dari penyakit dibanding ikan-ikan jenis lainnya. Selain itu, ikan nila juga mempunyai kesanggupan kemajuan yang cepat, dan gampang beradaptasi dengan lingkungan.



Seperti yang aku jelaskan sebelumnya jika Ikan nila ialah salah satu jenis ikan air tawar yang sungguh mudah sekali dikembang biakan. Selain itu harganya juga relatif murah sehingga banyak orang yang mencari ikan ini untuk dijadikan lauk. Ikan nila lazimnya memang untuk dimakan oleh masyarakat, bisa juga dijual kepada para penjualatau warung makanan, seperti warung ikan nila bakar atau ikan nila pepes.






Budidaya Ikan Nila

Tahukah anda, jika ikan nila mampu hidup di air tawar dan air maritim, jadi ini dapat membuat lebih mudah pengusaha ikan nila untuk memilih habitat bagi budidayanya. Sistem pembiasaan ikan nila juga sungguh gampang, jadi hal ini cukup membantu anda dalam mengawali usaha ini.


Daftar Tulisan



Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan


Ikan nila mempunyai segudang manfaat yang baik untuk badan. Berikut ini rangkuman yang saya mampu dari faedah ikan nila :


1. Kandungan protein

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa semua jenis ikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Walaupun tidak sebanyak kandungan protein pada ikan bahari, protein pada ikan nila bisa memadai keperluan protein badan perhari. Protein itu sendiri memiliki peranan penting dalam badan, seperti:

Meningkatkan massa otot

Menjaga ketahanan badan

Meningkatkan kesehatan otot

Menjaga daya tahan dan stamina badan


2. kandungan omega 3 

Kandungan omega 3 pada ikan nila berperan penting dalam mengembangkan kesehatan sel otak, menolong pertumbuhan kecerdasan anak. Selain omega 3, ikan nila juga mengandung kalium Yang berperan penting dalam mengembangkan sirkulasi oksigenasi pada otak..


3. Fosfor

Ikan nila mengandung fosfor yang membantu menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan fosfor yang tercukupi akan menghemat resiko terjadinya osteoporosis.

Selain mempertahankan dan menguatkan tulang, fosfor juga menolong mempertahankan kekuatan dan kesehatan gigi. Fosfor menguatkan dan mencegah supaya gigi tidak ringkih dan berlubang.


4. Mengandung vitamin B3

Dalam ikan nila ini juga terkandung vitamin B3 yang sungguh penting untuk badan. Manfaat vitamin B3 itu sendiri antara lain:

Menguraikan energi pada kuliner

Mencegah kram dan kejang pada otot

Mencegah terjadinya gangguan pada tata cara pencernaan

Meningkatkan daya tahan dan ketahanan badan terhadap penyakit


5. Mengandung vitamin B5

Vitamin B5 ini memmpunyai faedah, ialah:

Meningkatkan imunitas atau tata cara kekebalan tubuh

Mencegah kram dan kejang otot

Meminimalkan reaksi emosi dan depresi

Melancarkan proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak

Mencegah dan menanggulangi tak bisa tidur


6. Mengandung vitamin B12

Manfaat dari vitamin B atau biaa dikenal dengan istlah B komplek ini antara lain:

Membantu proses pemecahan sel tubuh

Membantu proses pembentukan sel darah merah

Meningkatkan dayatahan badan

Mencegah terjadinya anemia


7. kaya antioksidan

ikan nila ini juga memiliki kandungan antioksidan mirip halnya sayur dan buah. Walaupun tidak sebesar kandungan antioksidan sayuran dan buah buahan, tetapi kandungan ikan nila cukup untuk mencegah radikal bebas.









Tips Memulai Usaha Ikan Nila




1.Mempersiapkan bak untuk ikan nila


ikan nila bisa dibudidayakan tanpa kolam, tetapi menggunakan terpal.

Ini cukup menolong bila anda tidak memiliki kolam sedangkan harapan

hati adalah memulai usaha dengan ikan nila.

Khusus untuk nila, hasil

yang elok bisa diperoleh bila kolamnya berasal dari tanah. Selain

irit, ikan nila pun gampang serta cepat meningkat biak.






2. Persiapan Benih Ikan Nila


berikut ini saya akan memberikan Gambaran Harga Benih Bibit Ikan Nila, harga ini ialah relatif jadi mampu berbeda setiap tempat dan lokasi, harga i hanyalah gambaran untuk anda, jadi bisa saja berbeda dengan harga di lokasi anda.



Daftar harga Benih Ikan Nila



harga Ikan Nila Hitam

























ukuran:Harga:
1-2 cmRp. 1-30 per ekor
2-3 cmRp. 30-50 per ekor
3-5 cm Rp. 50-75 per ekor
5-7 cm Rp. 75-100 per ekor


harga Ikan Nila merah

























Ukuran:Harga:
1-2 cmRp. 25-40 per ekor
2-3 cmRp. 40-60 per ekor
3-5 cm Rp. 60-90 per ekor
5-7 cm Rp. 90-100 per ekor



3. Tebar Benih Ikan Nila


Kolam yang sudah terisi air sedalam 60-75 cm siap untuk ditebari benih ikan nila. Padat tebar kolam tanah untuk budidaya ikan nila sebanyak 15-30 ekor/m2. Dengan perkiraan, ukuran benih sebesar 10-20 gram/ekor dan akan dipanen dengan ukuran 300 gram/ekor.

Sebelum benih ditebar, hendaknya melalui tahap penyesuaian apalagi dulu. Gunanya biar benih ikan terbiasa dengan kondisi bak, sehingga resiko maut benih bisa ditekan. Caranya, masukkan wadah yang berisi benih ikan nila ke dalam air bak. Biarkan selama beberapa jam. Kemudian miringkan atau buka wadah tersebut. Biarkan ikan keluar dan lepas dengan sendirinya.





4. Pakan Ikan Nila


Jenis pakan yang bagus berupa pelet yang mengandung 30% protein dan ukuran pakan diubahsuaikan dengan takjil lisan bibit ikannya. Selain itu juga mampu diberikan pakan pelengkap berupa dedak halus, ampas tahu atau materi masakan lain yang mudah diperoleh. Pemberian pakan per hari harus, ialah sebanyak 5% dari berat tubuh ikan.

Pakan untuk ikan nila sendiri juga tidak terlalu rumit, intinya ikan nila termasuk dalam jenis ikan omnivora atau pemakan segala, dari pakan dedak, ampas kelapa, pellet, bahkan sisa masakan di dapur, atau masih banyak lagi yang lainnya.

Saran aku, gunakan saja pakan alami yang ada di bak. Daun-daunan atau enceng gondok sudah bagus untuk nila. Jika tidak ada, silahkan ambil bibitnya di tambak atau kawasan ikan orang lain. Mintalah dengan jujur. Kalau sekedar hijau-hijauannya, lazimnya diberi secara gratis.

Lebih bagus lagi jikalau dari permulaan anda sudah memancing pakan ikan nila berkembang secara alami. Caranya adalah membuat kolam dari tanah dengan sistem yang tepat. Kita akan membahas hal itu juga.

Meski demikian, mesti ditambah makanan pellet yang berprotein sekitar 28%. Pemberian pakan semestinya 3 kali sehari, pagi siang dan sore. Kira-kira 5% dari berat ikan.





5. Panen ikan nila


Diutuhkan waktu 4-5 bulan (ada juga yang 6 bulan) untuk mengganti benih nila yang semula 10-20 gram per ekor menjadi sekitar 300 gram per ekor. Pilih ikan yang cocok untuk dijual, sisanya dibudidayakan lagi.

Hal Penting Lainnya

Lindungi ikan nila

Kolam ikan harus diberi pelindung semoga ikan tidak dikonsumsi kucing atau burung. Lindungi juga dari penyakit dan hama





Penyebab kegagalan pengusaha nila


Kegagalan usahawan ikan nila lazimnya di sebabkan alasannya kurangnya wawasan mengenai ikan ini.

Pakan maupun kolamnya mesti sesuai.


Mungkin itu saja yang bisa aku bagikan kali ini, biar berfaedah untuk anda.




Comments

Popular posts from this blog

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Menguntungkan Tahun 2022

Cara Mudah Budidaya Kaktus Candi Bagi Pemula